Villa Sumatra, Kedai Kopi Spesialti Indonesia Pertama di Mesir

Villa Sumatra, Kedai Kopi Spesialti Indonesia Pertama di Mesir

Kopi asli Indonesia kini hadir di Mesir. Di kawasan Medical Park Premier atau MPP, New Cairo, Mesir, terdapat sebuah kedai kopi bernama Kedai Kopi Villa Sumatra yang menyuguhkan kopi arabika dari Indonesia.

Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf mengatakan keberadaan Kedai Kopi Villa Sumatra menjadi bagian dari agenda diplomasi kopi yang berlangsung di beberapa provinsi di Mesir. Agenda diplomasi kopi itu meliputi lomba barista dengan kopi asal Indonesia dan festival kopi yang diselenggarakan di Kairo.

“Kami mendukung pelaku usaha kopi, khususnya pegiat kopi specialti di Mesir. Dan Kedai Kopi Villa Sumatra ini merupakan kedai kopi spesialti asal Indonesia pertama yang ada di Mesir,” kata Lutfi Rauf saat meresmikan pembukaan Kedai Kopi Villa Sumatera pada Minggu, 8 Agustus 2021. Dia berharap kedai kopi tersebut mampu menggaungkan kopi unggulan Indonesia dan memperluas pasar di Mesir.

Pendiri dan pemilik Villa Sumatra, Haytham Shawkat Husein mengatakan kedai kopinya menyediakan kopi spesialti dari Sumatera, Sulawesi, Jawa, Flores, dan Papua. Saat ini Haytham membutuhkan tenaga barista yang andal dan terampil dalam meracik beragam kopi spesialti Indonesia. Musababnya, dalam waktu dekat dia akan membuka kedai kopi lagi.

Telebih, menurut dia, Indonesia menduduki peringkat keempat barista terbaik dunia. “Saya berharap barista Indonesia mampu memberikan pelatihan di bidang kopi specialti kepada barista lokal di Mesir,” katanya. Selain kopi, Haytham mengatakan tengah membidik pasar produk tanaman herbal Indonesia.

Ketua Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) Daryanto Witarsa mengatakan keberadaan Kedai Kopi Villa Sumatra ini dapat menumbuhkan transaksi dagang yang signifikan untuk mendorong permintaan pasar Mesir atas produk kopi spesialti Indonesia. Beragam kopi spesialti yang tersedia di Kedai Kopi Villa Sumatra antara lain kopi Sumatera Gayo, Sinabung Honey, Lintong, Karo, Sinabung Wine, Long Berry, dan Kopi Cascara.

Afia

Posting Komentar untuk "Villa Sumatra, Kedai Kopi Spesialti Indonesia Pertama di Mesir"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *