Tips Mudah Mencegah dan Membersihkan Jamur pada Kaca Mobil

Tips Mudah Mencegah dan Membersihkan Jamur pada Kaca Mobil

Kaca mobil bagian depan rentan berjamur akibat banyak noda yang sulit dibersihkan. Kaca yang berjamur akan membuat pandangan menjadi tidak maksimal akibat kaca menjadi buram.

Workshop Head Body & Paint Astra Peugeot Sunter, Roni Agung mengatakan bahwa sebenarnya noda atau kotoran pada kaca mudah dibersihkan, misalnya cipratan air hujan. Namun jika tidak segera dibersihkan, noda tersebut akan menjadi jamur.

“Kalau sudah berjamur, noda tersebut akan susah dibersihkan meskipun sudah dicuci berkali-kali. Oleh sebab itu, butuh penanganan khusus untuk menghilangkan jamur pada permukaan kaca,” kata Roni dalam siaran pers yang diterima Tempo hari ini, Rabu, 11 Agustus 2021.

Roni menjelaskan bahwa jamur pada kaca mobil biasanya muncul akibat air yang tidak dikeringkan dan terpapar terik panas matahari. Titik air akan menguap dan meninggalkan kerak, hujan dan terik akan mempercepat proses penjamuran. Selain itu jamur juga bisa muncuk akibat proses pengeringan mobil yang tidak sempurna.

Untuk menghindari jamur pada kaca, pemilik mobil disarankan untuk membiasakan mencuci mobil dalam kondisi apapun, terutama pada area kaca guna menghindari noda.

Gunakan sabun khusus dan segera keringkan dengan lap kain bersih, serta jangan terlalu sering jemur mobil di bawah matahari agar noda bekas cucian tidak menjadi jamur.

Apabila kaca mobil sudah terlanjut berjamur, pemilik mobil tidak boleh menghilangkan jamur tersebut secara sembarangan. Perlu adanya penanganan khusus untuk bisa membuat kaca mobil kembali bersih.

“Meskipun di pasaran banyak yang memasarkan cairan khusus pengusir jamur kaca. Apalagi tiap produsen mobil memiliki spesifikasi material kaca berbeda-beda. Jika salah penanganan bisa berdampak pula pada kaca mobil itu sendiri,” jelas Roni.

Perawatan kaca mobil agar terhindar dari jamur disarankan untuk melakukannya di bengkel resmi. Paket perawatan ini masuk dalam kategori perawatan eksterior, namun prosedurnya bisa dikerjakan terpisah atau khusus dan dikerjakan oleh mekanik andal dengan peralatan khusus.

Afia

Posting Komentar untuk "Tips Mudah Mencegah dan Membersihkan Jamur pada Kaca Mobil"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *