Tips Mengatasi Rambut Rontok karena Perubahan Hormon setelah Melahirkan

Tips Mengatasi Rambut Rontok karena Perubahan Hormon setelah Melahirkan

Hampir semua perempuan mengalami rambut rontok setelah melahirkan karena kadar hormon yang berfluktuasi. Wanita hamil mengalami peningkatan kadar progesteron dan penurunan kadar estrogen, menyebabkan rambut masuk ke tahap istirahat terlalu dini.Setelah melahirkan, rambut baru mulai tumbuh, menyebabkan rambut yang berada dalam fase istirahat menjadi rontok. Ini biasanya terjadi antara tiga dan enam bulan setelah melahirkan.

Satish Bhatia, dokter kulit bersertifikat FAAD Board dan ahli bedah kulit India, membagikan beberapa tips untuk mengatasi rambut rontok setelah melahirkan, yang dikutip dari Times of India, Selasa, 26 Oktober 2021.

1. Makan sehat

Pastikan diet kaya akan makanan yang mengandung antioksidan. Beberapa makanan yang baik untuk mendapatkan antioksidan adalah stroberi, apel, rajma, plum, dll. Antioksidan membantu memperkuat akar rambut.

2. Jaga kebersihan kulit kepala dan rambut

Cuci kulit kepala dengan sampo anti-rambut rontok yang lembut. Gunakan kondisioner pada rambut untuk menghindari kerusakan. Jika kekurangan waktu, gunakan kondisioner tanpa bilas.

3. Hindari menarik dan mengikat rambut

Jangan mengikat rambut dengan kencang karena ini akan membuat kulit kepala dan rambut tegang. Hal ini akan membuat rambut mudah rontok.

4. Suplemen vitaminTubuh pasca kehamilan akan membutuhkan beberapa suplemen untuk membantu mendapatkan kembali kekuatan. Pastikan mengonsumsi vitamin seperti Vitamin B dan C secara teratur untuk menjaga rambut lebih penuh.

5. Perawatan kimia

Hindari mewarnai, meluruskan, dan mengeriting rambut, karena dapat menyebabkan kerontokan rambut. Juga, perawatan ini adalah perawatan yang tinggi, jadi kecuali benar-benar harus melakukan salah satu dari perawatan ini untuk acara khusus, sebaiknya hindari untuk sementara.

Afia

Posting Komentar untuk "Tips Mengatasi Rambut Rontok karena Perubahan Hormon setelah Melahirkan"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *