Sensasi Test Drive Toyota GR Yaris: Gampang Dipakai Nge-drift

Sensasi Test Drive Toyota GR Yaris: Gampang Dipakai Nge-drift

Tempo mendapatkan kesempatan istimewah untuk menjajal mobil paling hot saat ini, Toyota GR Yaris, pada Kamis 21 Oktober 2021 di Edutown, BSD City, Tangerang.

Toyota membuat lintasan kombinasi antara slalom dengan trek RX Rallycross, karena memang habitat asli GR Yaris adalah di ajang reli dunia atau World Rally Championship (WRC).

Toyota menyediakan dua unit GR Yaris untuk dicoba jurnalis, warna putih dengan tampilan standar dan warna merah yang sudah diupgrade dengan paket aksesoris.

Tempo mendapatkan kesempatan untuk menggeber GR Yaris berwarna merah, dengan didampingi pembalap Toyota Team Indonesia, Adrianza Yunial. Sesi pertama, Adrianza yang berada di balik kemudi GR Yaris.

Ia melakukan long run sekitar 50 meter, kemudin berputar mengitari cone sebanyak dua kali, dilanjutkan dengan ngebut di trek lurus sepanjang 30 meter, belok ke kiri sambil nge-drift sepanjang 30 meter.

Giliran berikutnya adalah Tempo yang berada di balik kemudi, dengan trek berbeda, rutenya dibalik.

“Sensasi turbo saat memutari cone pakai gigi satu saja mas, lebih berasa,” pesan Adrianza saat Tempo mulai menekan pedal gas.

Benar saja, tanpa harus menarik tuas rem tangan, mobil bisa berdecit saat berbelok tajam. Handling dengan rute zig zag juga sangat mudah, karena mobil ini memang dibangun untuk reli. Di trek lurus, meski cuma 30-40 meter, kita menggeber GR Yaris hingga 80 km per jam. Tenaga mesin dengan turbo cukup responsif di putaran bawah dan semakin ganas saat mobil sudah melaju kencang.

Intinya, mobil ini sangat lincah untuk digunakan bermanuver tajam. Kaki-kaki yang pas membuat konsumen tak perlu lagi melalukan upgrade untuk meningkatkan performa.

Spesifikasi TeknisGR Yaris yang masuk Indonesia dibekali mesin 1.600 cc turbo, tiga silinder segaris, DOHC 12-valve with VVTi. Mesin ini mampu menyemburkan daya 261 hp dan torsi maksimum 360 Nm. Nah, torsi melimpah inilah yang membuat GR Yaris bisa dengan mudah diajak nge-drift meski berpenggerak 4WD.

Tenaga dahsyat ini disalurkan ke roda (4WD) melalui transmisi manual GR-Four 4WD system. Mobil ini bisa digeber hingga kecepatan maksimum 230 km per jam (dibatasi secara elektronik).

GR Yaris merupakan hothatch yang memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.805 mm, tinggi 1.460 mm dengan jarak sumbu roda 2.558 mm.

Upgrade Paket AksesorisTAM menyediakan paket opstional untuk membuat tampilan GR Yaris standar menjadi semakin sporty. Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Sewandy, mengatakan bahwa paket opsional ini bisa dibeli konsumen dengan menambah sekitar Rp 100 jutaan.

Adapun part yang disedikan antara lain spoiler depan dan spoiler extension, side skirts, spolier bumper belakang, muffler, body stripe, door handle protector, hingga interiot panel set.

“Untuk muffler, suara yang dihasilkan menjadi berbeda. Aroma balapnya lebih kental,” ujar dia.

Mobil Edisi TerbatasKenapa GR Yaris sebagai mobil paling hot di tahun ini di Indonesia? GR Yaris adalah mobil yang dibangun sebagai homologasi mobil sebagai syarat untuk membuat mobil yang akan dipakai untuk kejuaraan dunia reli (WRC). Mobil ini memiliki emblem dengan tulisan khusus “Developed For FIA World Rally Championship”. Jadi, berbeda sekali dengan Toyota Yaris yang kita kenal di Indonesia.

Total sebanyak 25 ribu unit diproduksi, dan Indonesia hanya mendapatkan jatah 126 unit saja. Begitu pre-booking dibuka, Toyota Indonesia mengklaim peminatnya lebih dari 600 orang. Alhasil, TAM bersama dealer kemudian mengundi calon konsumen yang berhak membawa pulang GR Yaris.

“Kami akan mulai mengirim ke konsumen November mendatang, secara bertahap,” tutur Anton.

Mobil ini dijual dengan harga on the road DKI Jakarta Rp 850 juta. Karena masuk sebagai edisi terbatas dan dilengkapi dengan status sebagai mobil homologasi untuk World Rally Championship, bukan tidak mungkin harga mobil ini akan berlipat di masa mendatang dan menjadi buruan kolektor.

Afia

Posting Komentar untuk "Sensasi Test Drive Toyota GR Yaris: Gampang Dipakai Nge-drift"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *