Meriahnya Festival Diwali Tak Hanya di India, 10 Negara Ini juga Ikut Rayakan

Meriahnya Festival Diwali Tak Hanya di India, 10 Negara Ini juga Ikut Rayakan

Diwali atau Deepavali adalah salah satu festival agama Hindu yang paling dinanti Biasanya festival ini diadakan selama lima hari dari hari ke-13 paruh gelap bulan lunar Ashvina hingga hari kedua paruh terang bulan lunar Karttika.

Tahun ini, Diwali yang juga dikenal sebagai festival cahaya jatuh pada 4 November 2021. Perayaannya biasanya diisi dengan menyalakan diyas, lampu gerabah kecil yang diisi minyak pada malam bulan baru untuk mengundang kehadiran Lakshmi, dewi kekayaan.

Diwali biasanya dirayakan secara meriah di India. Namun negara-negara ini juga ikut merayakan Diwali dengan caranya masing-masing:

Indonesia

Indonesia juga memiliki penduduk yang beragama Hindu dan melakukan festival yang mirip dengan yang ada di India. Di hari itu, orang-orang saling menyapa dan bertemu orang serta menikmati festival lampu yang indah. Dengan itu, Diwali di Indonesia merupakan suguhan festival yang menarik untuk disaksikan.

Fiji

Populasi besar orang India berada di Fiji. Di sana, Diwali dirayakan dengan antusiasme dan kegembiraan yang besar. Dan karena hari Diwali merupakan hari libur umum, orang-orang di sana bisa mengambil bagian dengan bebas seperti merayakan pesta dan terlibat dalam pertukaran hadiah.

Mauritius

Hampir 50 persen populasi di Mauritius merupakan umat beragama Hindu. Di sana, Diwali juga dirayakan dengan penuh semangat dan kegembiraan. Orang-orang menempatkan lampu minyak di depan rumah mereka dan pulau itu berubah menjadi negeri dongeng selama festival.

Malaysia

Di Negara Malaysia, perayaan Diwali sedikit berbeda dengan apa yang dilaksanakan di India. Pada hari itu, orang akan memulai dengan mandi minyak di pagi hari, kemudian pergi ke kuil untuk berdoa. Karena penjualan petasan dilarang di sana, orang-orang yang merayakan festival ini hanya bertukar permen, hadiah dan ucapan selamat.

Srilanka

Festival Diwali di Srilanka merupakan salah satu festival paling dicintai di negara ini. Karena Diwali memiliki makna khusus dan merupakan hari libur umum maka orang-orang di sana merayakannya dengan menyalakan lampu kecil untuk mengusir roh jahat. Lampu itu melambangkan harapan untuk masa depan yang lebih cerah.

Nepal

Diwali dikenal dengan sebutan Tihar di Nepal. Perayaan Diwali di Nepal dilakukan dengan bertukar hadiah, mendekorasi rumah dengan lampu dan memanjatkan doa kepada Dewi Lakshmi. Festival lampu merupakan festival terbesar kedua di Nepal setelah Dashain.

Singapura

Seperti halnya di India, Singapura juga termasuk negara yang sangat antusias dalam perayaan Diwali. Festival itu akan digelar dengan meriah bersama gemerlap lampu.

Kanada

Meskipun Diwali bukan hari libur umum di Kanada, tetapi bukan berarti tidak ada perayaan di sana. Diwali dirayakan banyak kota dan orang-orang di sana bersemangat untuk berpartisipasi dalam festival lampu ini.

Inggris Raya

Ada banyak kota yang merayakan Diwali seperti Leichester dan Birmingham yang merayakannya dengan sangat megah. Ini karena beberapa daerah di sana memiliki sejumlah besar orang dari India yang menetap. Maka, tak heran jika suasana perayaan yang begitu megah di sana terasa sama seperti di India.

Thailand

Diwali dirayakan sebagai Lam Kriyongh di Thailand. Hari Diwali di sana dirayakan pada hari bulan purnama di bulan ke-12, sesuai dengan kalender Thailand. Festival Diwali di sana sangat menakjubkan dengan pertunjukan kembang api yang megah.

Afia

Posting Komentar untuk "Meriahnya Festival Diwali Tak Hanya di India, 10 Negara Ini juga Ikut Rayakan"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *