Hipnoterapi untuk Mengatasi Insomnia, Bisa dengan Metode Self-Hypnosis

Hipnoterapi untuk Mengatasi Insomnia, Bisa dengan Metode Self-Hypnosis

Salah satu jenis terapi yang dilakukan saat sistem saraf seseorang tengah tertidur ialah hipnoterapi. Melansir dari www.mayoclinic.org hipnoterapi atau yang disebut juga dengan nama sugesti hipnosis merupakan kondisi dimana fokus dan konsentrasi seseorang telah ditingkatkan.

Umumnya, hipnosis dibantu terapis dengan pengulangan verbal dan gambaran mental. Hipnosis membuat seseorang merasa lebih tenang dan rileks, membantu mengendalikan perilaku yang tidak dikehendaki, serta mengatasi kecemasan ataupun rasa sakit menjadi lebih baik. Hipnoterapi bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengatasi stres dan kecemasan.

Dilansir dari www.hypnotherapy-directory.org.uk hipnoterapi adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengobati insomnia. Banyak orang menganggap hipnosis efektif untuk mengatasi penyebab potensial insomnia seperti kecemasan atau depresi, serta membantu seseorang tertidur dengan rileks. Hipnoterapi untuk insomnia membantu mengatasi masalah kemudian membantu memperbaiki pola tidur dan mambantu menghentikan kebiasaan yang menjadi penyebab insomnia seperti alkohol.

Insomnia sendiri ialah keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan tidur atau tetap tidur dalam waktu yang lama. Umumnya insomnia dibagi menjadi dua jenis, yaitu insomnia sementara dan insomnia persisten. Insomnia sementara berlangsung antara satu malam dalam tiga atau empat minggu, sebagian kasus insomnia sementara disebut sebagai intermiten apabila seseorang mengalami masalah tidur secara berulang-ulang selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Sedangkan insomnia persisten dikenal juga dengan nama insomnia kronis yang terjadi hampir setiap malam setidaknya selama empat minggu.

Melansir dari www.sleep.org pada umumnya hipnosis terdiri dari beberapa komponen, diantaranya ialah:

1. Informed Consent, ketika hipnoterapis bekerja hal pertama yang dilakukan dimulai dengan melakukan percakapan untuk menjalin hubungan, serta mendiskusikan risiko dan manfaat hipnosis dengan klien. Setelah itu hipnoterapis akan meminta persetujuan klien untuk melanjutkan terapi.

2. Induksi Hipnotis, saat prosedur hipnosis dimulai, ahli hipnoterapi akan menyarankan kepada kliennya untuk merelaksasi kan mental dan fisiknya yang kerap melibatkan fokus pada gambaran mental yang menenangkan.

3. Prosedur Pendalaman, setelah rileks hipnosis akan dilanjutkan ke prosedur yang lebih dalam. Hipnoterapis biasanya menyarankan kliennya untuk membayangkan diri sendiri ketika menuruni tangga misalnya.

4. Menyampaikan Saran, saran yang diberikan ahli hipnoterapi kepada klien setelah dihipnotis merupakan saran yang dibuat khusus untuk tujuan pengobatan.

5. Mengakhiri Perawatan, setelah itu hipnoterapis akan memandu klien keluar dari situasi hipnosis dengan lembut meminta klien secara perlahan untuk merasa lebih waspada dan terjaga.

Hipnoterapi juga dapat dilakukan oleh diri sendiri yang disebut dengan istilah self-hypnosis yang digambarkan dengan seseorang yang melakukan hipnotis dirinya sendiri. Teknik terapi ini bisa dipelajari lewat hipnoterapis terlatih, video hipnoterapi, atau aplikasi hipnoterapi di smartphone. Self-hypnosis mendorong hipnosis melalui perhatian yang terfokus kemudian hipnosis diperdalam.

Afia

Posting Komentar untuk "Hipnoterapi untuk Mengatasi Insomnia, Bisa dengan Metode Self-Hypnosis"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *