Bagaimana Menentukan Malam 1 Suro Kalender Jawa, Bersamaan dengan 1 Muharram

Bagaimana Menentukan Malam 1 Suro Kalender Jawa, Bersamaan dengan 1 Muharram

Islam dilakukan oleh Raja Mataram, Sultan Agung. Penyebutan Suro diadaptasi dari Bahasa Arab, ‘asyura’ yang merupakan sebutan bulan Muharram versi masyarakat Jawa sebagaimana dilansir dari buku Misteri Bulan Suro: Perspektif Islam Jawa (2010) oleh Muhammad Sholikhin.

Dalam buku tersebut, Sholikhin juga menjabarkan bahwa meskipun pelaksanaan antara Muharram dan Suro bersamaan, tetapi keduanya memiliki tradisi yang berbeda. “Muatan makna dan peristiwa yang terkandung di dalam keduanya berbeda walaupun sering diidentikan sama,” tuturnya.

Dilansir dari laman resmi Institut Teknologi Budi Utomo, p2k.itbu.ac.id, penanggalan Jawa yang diprakarsai oleh Sultan Agung merupakan bentuk asimilasi dari tiga budaya, yakni Islam, Hindu dan Jawa. Dalam kalender ini, menggunakan sistem kalender hijriah atau qomariyah tetapi dalam penulisan angka tahun memakai tahun Saka. Hal ini karena agar tetap berkesinambungan dengan tahun Saka yang telah dipakai sebelumnya.

Sistem penanggalan ini berlaku di seluruh wilayah kekuasaan Sultan Agung, yakni sebagian besar Pulau Jawa, kecuali Batavia, Banten, dan Banyuwangi. Keputusan ini ditetapkan sejak 1555 Saka bersamaan dengan 1633 Masehi dan 1043 Hijriah.

Melansir dari berbagai sumber, dalam perayaan Tahun Baru 1 Suoa, identik dengan malam yang mistis dan sakral. Kondisi ini menjadikan penyambutan Tahun Baru1 Sura tak jauh-jauh dengan serangkaian upacara yang penuh klenik. Faktor budaya Keraton Jawa menjadi salah satu hal yang melatarbelakanginya.

Dalam menyambut Tahun Baru pada malam 1 Suro, tak jarang Keraton melaksanakan beragam ritual yang dilaksanakan setiap tahunnya. Selain itu, terdapat berbagai sesajen dalam pelaksanaan peringatan Tahun Baru 1 Sura yang mencerminkan budaya animisme dan dinamisme.

Afia

Posting Komentar untuk "Bagaimana Menentukan Malam 1 Suro Kalender Jawa, Bersamaan dengan 1 Muharram"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *