Awas Aquaplaning di Musim Hujan, Begini Tips Mengemudi Mobil Aman di Jalan Tol

Awas Aquaplaning di Musim Hujan, Begini Tips Mengemudi Mobil Aman di Jalan Tol

Memasuki musim hujan perlu strategi khusus dalam mengemudikan mobil, terlebih saat berkendara di jalan tol agar tidak fatal jika mengalami aquaplanning.

“Salah satu strategi adalah memastikan mobil dalam kondisi prima,” kata Aftersales Business Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara dalam siaran pers yang diterima Tempo hari ini, Senin, 29 November 2021.

Berikut tips mengemudi aman di jalan tol saat musim hujan menghindari aquaplanning menurut Auto2000:

1. Cek Kondisi BanBan mobil menjadi komponen yang perlu mendapatkan perhatian khusus, terutama saat musim hujan karena hanya ban yang kontak langsung dengan jalanan.

Pengemudi perlu memastikan ban mobil dalam kondisi prima mulai dari tekanan anginnya, telapak, alur, dan dinding ban.

2. Cek Lampu dan WiperKomponen lain yang wajib diperhatikan adalah lampu dan wiper mobil. Pastikan lampu senja dan sein dalam kondisi baik, termasuk lampu utama.

Kemudian bagian wiper juga perlu diperiksa fungsinya, karena wiper yang rusak dapat mengganggu padangan pengemudi saat hujan deras karena tidak ada yang menyapu air yang berada di kaca depan.

3. Berkendara dengan Prinsip Safety DrivingUntuk mengantisipasi aquaplanning, pengemudi mobil di jaklan tol saat musim hujan lebat disarankan menggunakan kecepatan 20-30 km/jam atau 20 persen dari kondisi normal.

Tips mengemudi itu perlu dilakukan agar mobil memiliki kontrol lebih baik di tengah kondisi jalan yang sulit diprediksi. Mobil juga perlu menjaga jarak aman antar kendaraan untuk memberikan kesempatan bertindak jika terjadi situasi darurat.

4. Waspada AquaplaningAquaplaning adalah kondisi ban mobil yang kehilangan penapakan atau grip pada permukaan jalan saat melintasi genangan air yang dangkal dan tidak terlihat dari jauh.

Risiko terkena aquaplanning adalah mobil tidak bisa dikendalikan dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Apabila mobil mengalami aquaplaning, pengemudi diharapkan tetap tenang dan fokus mengingat situasi ini hanya berlangsung sesaat. Jangan bermanuver secara mendadak atau jangan melakukan pengereman mendadak.

Tipsnya, angkat kaki dari pedal gas dan tahan kemudi tetap lurus ke depan dan biarkan kecepatan mobil berkurang perlahan dan ban bisa mendapatkan kembali daya cengkeraman ke jalan.

5. Jaga Perilaku Mengemudi di Jalan TolSaat mengemudi di jalan tol di kondisi cuaca buruk, lakukan adaptasi kondisi jalan dengan memperhatikan reaksi mobil saat dikemudikan dan waspada lingkungan sekitar mobil. Apalagi saat musim hujan dan terkena aquaplanning, laju mobil mesti lebih lambat dari biasanya.

Afia

Posting Komentar untuk "Awas Aquaplaning di Musim Hujan, Begini Tips Mengemudi Mobil Aman di Jalan Tol"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *