5 Gaya Hidup yang Memicu Penyakit Jantung

5 Gaya Hidup yang Memicu Penyakit Jantung

Jantung adalah organ tubuh yang bekerja tanpa henti sejak kita berada di dalam kandungan. Apapun aktivitasnya -tidur, makan, berjalan, berlari, bahkan saat tubuh diam sekalipun, jantung terus berdetak memompa darah ke seluruh tubuh.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari Primaya Hospital Bekasi Barat, Fachmi Ahmad mengatakan, dengan fungsi jantung yang begitu vital, maka kita harus membantu kerjanya agar lebih baik. Caranya, dengan menerapkan gaya hidup sehat.

“Sering kali kita tidak menyadari kalau pola hidup yang dijalankan selama ini berpotensi menimbulkan penyakit jantung,” kata Fachmi dalam diskusi daring bertema Hari Jantung Sedunia pada Rabu, 29 September 2021. Berikut gaya hidup yang berpotensi memicu penyakit jantung:

Fachmi Ahmad menjelaskan, makanan dan minuman yang berpotensi menimbulkan penyakit jantung adalah makanan dan minuman yang banyak mengandung gula, garam, lemak, dan karbohidrat olahan yang tidak baik bagi jantung. Bila terlalu banyak, bahan pangan tersebut bisa mengganggu kerja jantung dan pembuluh darah.

Makanan yang diolah dengan cara digoreng menggunakan minyak dan makanan cepat saji juga meningkatkan risiko penyakit jantung. “Makan dan minuman yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan jantung adalah yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, serat, antioksidan, potasium, dan fitosterol,” kata Fachmi. Zat-zat tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol, menjaga elastisitas pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan mencegah penumpukan plak yang dapat menyumbat pembuluh darah.

Afia

Posting Komentar untuk "5 Gaya Hidup yang Memicu Penyakit Jantung"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *